10 Desa Wisata Di Kudus, No 8 Paling Ngehits

desa wisata

Wisatakeluargaku.com-Desa wisata saat ini baru dikembangkan pemerintah untuk menari minat wisatawan dan meningkatkan taraf perekonomian warga desa. salah satunya Kabupaten Kudus dengan wilayah terkecil di Jawa tengah mempunyai destinasi wisata yang tidak kalah bagusnya dengan kota-kota lain di Jawa Tengah, mulai wisata alam dengan pegunungan Muria sampai wisata religi dengan makam sunan Kudus dan Sunan Muria sampai taman-taman untuk wisata serta pusat perbelanjaan mall.

Saat ini Kudus juga mempunyai destinasi wisata baru yang dikelola oleh desa-desa yang berpotensi menjadi obyek wisata yang wajib dikunjungi apabila kita mengunjungi ke Kudus. Adapun ke-10 desa wisata itu, adalah,

1.Desa Wisata Loram Kulon

Desa Loram Kulon merupakan salah satu desa di kecamatan Jati, terletak disebelah selatan kabupaten kudus, jawa tengah. Loram Kulon merupakan desa yang bernuansa religi dan kreatif, karena mempunyai budaya maupun bangunan cagar budaya peninggalan Sultan Hadlirin suami Ratu Prodobinabar yang menjadi penyebar agama Islam di Loram Kulon, dan masyarakatnya senang berusaha mandiri dan berdagang. Desa wisata yang mempunyai daya tarik Masjid Wali dengan Gapura Padureksan, serta sebagai sentra industri kreatif. Atraksi budaya yang dinikmati adalah Kirab Pengantin Mubeng, Tradisi Ampyang Maulud dan Sedekah Sego Kepel.

2. Desa Wisata Kauman

Kauman adalah desa yang terletak di Kota Kudus bagian barat (Kudus Kulon), di desa ini terdapat Masjidil Aqsha dan Menara Kudus yang merupakan peninggalan dari salah seorang anggota Walisongo yaitu Raden Ja’far Shodiq (Sunan Kudus), yang sampai sekarang masih sering dikunjungi oleh berbagai peziarah dan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Menara Kudus sebagai ikon Kudus, terletak di Desa Kauman, memiliki berbagai atraksi seni dan budaya, diantaranya tradisi Buka Luwur dan Dhandangan. Kerajinan khas desa wisata ini adalah Kaligrafi.

3. Desa Wisata Kaliputu

Desa Kaliputu, desa ini adalah cikal bakal Jenang Kudus. Sampai saat ini Desa Wisata Kaliputu menjadi sentra usaha jenang Kudus, dengan masih mempertahankan pembuatan jenang secara manual. kirab dengan membawa jenang merupakan acara tahunan di desa tersebut.

4. Desa Wisata Jepang

Desa Jepang, memiliki ribuan pohon bambu, tidak heran apabila desa tersebut mempunyai taman bambu dan kerajinan bambu adalah potensi Desa Wisata Jepang. Selain sebagai sentra kerajinan anyaman bambu, daya tarik wisata di desa ini adalah terdapat Masjid Wali Al-Makmur yang dibangun pada abad 15 M. Di masjid ini setiap tahun diadakan tradisi kirab Air Salamun, sebagai ritual Rebo Wekasan.

5. Desa Wisata Colo

Desa Colo, terletak di pegunungan Muria. Di desa ini terdapat wisata religi, Masjid dan Makam Sunan Muria, wisata alam Air Terjun Monthel. Kuliner khas Desa Wisata Colo, adalah pecel pakis, hasil bumi unggulan, antara lain, kopi, jeruk Pamelo, pisang tanduk, parijoto, ganyong dan tales. Tradisi budaya tahunan, adalah Wiwit Kopi, mengawali panen kopi sebagai wujud rasa syukur.

Fasilitas penunjang Lain

Transportasi

Jasa ojek motor yang siap mengantar 24 jam akan membawa langsung peziarah ke lokasi puncak gunung, dengan membayar Rp 10.000 kamu akan dibawa tukang ojek untuk sekali jalan

Kuliner

Pari jotho

Pisang

Jeruk Bali

6. Desa Wisata Kaliwungu

Desa Kaliwungu, merupakan desa yang berbasis kerajinan kayu berupa Gebyog. Di desa ini terdapat makam Mbah Rogomoyo, yang dikenal ahli membuat rumah adat Kudus. Pendopo Kabupaten Kudus yang sekarang masih berdiri kokoh, adalah hasil karyanya.

7. Desa wisata Wonosoco

Desa  Wonosoco, mempunyai beberapa daya tarik, antara lain sendang Dewot, Goa Pawon, Goa Keraton, Goa Lebon dan Goa Surodiro. Tradisi budaya yang berlangsung satu tahun sekali, adalah pertunjukkan Wayang Klitik dan Kirab Resik-resik Sendang. Tempat  tersebut salah satu desa di kudus yang sering dikunjungi orang, baik untuk berwisata maupun untuk kemah.

8. Desa Wisata Terban

Desa Terban, di desa ini terdapat Museum Situs Patiayam, yang merupakan tempat  sejarah dan purbakala. Di Pegunungan Patiayam ini terdapat ribuan fosil dari berbagai jenis binatang dan manusia, umur fosil diprediksi 700.000 hingga 1 juta tahun yang lalu. Selain situs purbakala terdapat air terjun dan goa serta gardu pandang di kawasan desa tersebut Kesenian tradisional  ini, adalah Barongan dan terbang klasik.

9. Desa Wisata Rahtawu

Desa Rahtawu, berada di Pegunungan Muria, lokasinya ikut Kecamatan Gebog dengan daya tarik yang dapat dinikmati, panorama alam pegunungan, tracking puncak Songolikur, mata air atau Sendang Bunton, Kesenian Tayub dan Kirab Budaya Tujuh Gunungan. berbagai rumah makan bernuansa alam menjadi salah satu daya tarik D. mendekati malam 1 suro ribuan pengunjung akan datang ke Desa tersebut untuk mengadakan ritual pertapaan ataupun mendatangi tempat pertapaan yang ada. Souvenir khas Rahtawu, adalah ukir kayu kaligrafi dan kerajinan bambu, dan Kopi Luwak.

Fasilitas Lain

1. wisata Sungai 

2. Kuliner Lesehan

3. Hutan Wisata

10. Desa Wisata Masin Kandang Mas

Desa Masin, terletak di Desa Kandang Mas, memiliki daya tarik wisata religi dan wisata budaya, berupa Makam Keramat Raden Bagus Rinangku dan Dewi Nawangsih, atau lebih dikenal dengan Makam Keramat Masin. Letak makam ini berada di puncak bukit yang dikelilingi ratusan pohon jati yang berumur ratusan tahun, pada masa Walisongo, dan hingga sekarang tidak pernah ditebang se batang pun.

FASILITAS

Untuk menuju desa wisata tersebut kita tidak usah membayar atau gratis hanya beberapa desa,salah satunya Desa rahtawu yang memsang tarif masuk, itupun saat hari libur. kita hanya membayar tiket parkir apabila sedang menuju ke tempat-tempat desa wisata ini. Untuk Penginapan atau hotel tidak usah khawatir, terdapat puluhan hotel baik berbintang maupun melati yang terdapat di kabupaten kudus.

jangan lupa ya baca juga

https://wisatakeluargaku.com/wp-admin/post.php?post=356&action=edit

Tinggalkan Balasan