10 Makanan Sukabumi dan Tempatnya yang Wajib Kamu Datangi

makanan sukabumi

Makana Sukabumi Yang Wajib Di Kunjungi

Makanan Sukabumi memang sudah terkenal dengan lalapan dan sambalnya, dengan konsep alam berbagai rumah makan maupun saung tersedia di Kota yang ikut dalam wilayah Provinsi Jawa Barat.

SEJARAH SUKABUMI

menurut wikipedia Nama Sukabumi ada dua versi

Pertama Sukabumi berasal dari kata Bahasa Sunda  yaitu Suka  dan Bumen  (Menetap) yang  mengandung makna suatu kawasan yang disukai untuk menetap, dikarenakan iklim Sukabumi yang sejuk.

Pendapat kedua mengatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata Bahasa sansekerta , yaitu Suka (kesenangan, kebahagiaan, kesukaan) dan Bhumi (Bumi, Tanah) sehingga sebutan  Sukabumi memiliki arti “Bumi yang disenangi” atau “Bumi yang disukai”.

Terlepas dari kontroversi asal mula Sukabumi, disini kamu akan menemukan makanan yang nikmat apabila berkunjung ke Kota Sukabumi. inilah rekomendasi makanan Sukabumi bagi kamu apabila mengunjungi kota ini.

Inilah beberapa tempat dan jenis makanan Sukabumi yang bisa dikunjungi

1. BANDROS ATTA

Bandros atta merupakan kuliner khas sukabumi yang melegenda, nama bandros atta berasal dari nama pemiliknya yaitu Mbah Atta. Kiliner ini campuran dari campuran tepung beras, kelapaparut dan santan. Selain cita rasa yang Khas Bandros Atta mempunyai keunikan tersendiri, baiasa penjual makanan ditempat warung atau kedai, bandros Atta tersebut terletak di trotoar atau pinggir jalan, keunikan inilah yang membuat bandros ini diserbu masyarakat.

Lokasi

Jalan Gudang No 4 Sukabumi Dekat Perempatan Trafic Lihgt Jalan Baros

Varian Rasa dan Pelengkap

  • Badros rasa Vanila,coklat, susu dan Keju
  • Pelengkap minuman Teh,susu,kopi,air jeruk dan Stmj
  • sajian telur setengah matang dan ayam ditaburi merica

Harga dan Jam Buka

  • badros antara Rp Rp 8000.- sampai Rp 10.000,-‘
  • Minuman antara Rp 3000.- sampai Rp 8000.-
  • telur setengah matang dan ayam Rp 6000.-

Badros atta buka mulai pukul 20.30 wib sampai Pukul 06.00 wib

2. MOCHI LAMPION

Mochi merupakan makanan dari cina maupun jepang, orang- orang itulah yang memperkenalkan mochi lampion bagi warga sukabumi sehingga bisa terkenal sampai sekarang

Lokasi

Mochi lampion bisa Anda dapatkan di Jalan Kaswari, Gang Kaswari II No 19, Sukabumi, Jawa Barat –Indonesia.

Jam buka: jam 09.00 – 17.00

Harga: Rp 10.000 – Rp 30.000

3. BUBUR AYAM ODEON

Lokasi 

Bubur Odeon Nyomplong, Sukabumi, Nyomplong, Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43131

4. MAMIH UNGU

Mamih Ungu Restoran Sukabumi ini menyajikan sebuah hidangan yang sangat unik lho, yaitu ada nasi uduk berwarna ungu dan nasi uduk berwarna hungu.  Warna ungu dari nasi uduk ini bukan karena pewarna kimia lho tapi berasal dari campuran sari ubi ungu dan sari buah bit. jadi makanan Suakbumi yang satu ini selain aman juga sehat.

Lokasi

Jalan Brawijaya nomor 16 Sukabumi

Harga dan Jam buka

– Harga paket Rp 33.000,-/porsi Termasuk minum – Buka jam 10 pagi hingga 10 malam

TAMAN STRAWBERRY SUKABUMI

Taman ini merupakan tempat perkebunan stawberry di kawasan Sukabumi, tempatnya yang dingin dan pemandangan unik menjadikan tempat ini jadi favorit wisata keluarga .

Lokasi

Jl. Kadudampit no. 10Sukabumi, Indonesia
 

Fasilitas

– Taman Strawberry
– Memancing
– Menikmati Kuliner

Rute

Jika anda dari Bandung yaitu Jl gudang selatan-jl Re martadinata-jl layang pasupati-jl Dr Djunjunan-Tol padalarang-Cileunyi-cirahayu-jl Nasional III-Jl Lingkar Selatan karang tengah-Jl kadudampit

5. PRALINE CAFE

Tempat ini merupakan lokasi penikmat kopi di Sukabumi, dengan desain modern dan minimalis tempat ini menjadi idola anak remaja, apalagi menu yang tersedia di cafee ini banyak variannya dan harga terjangkau menjadikan destinasi tempat makanan Sukabumi yang lagi ngehit.

6. SAUNG PANORAMA JALUR

Saung Panorama  saat inidisukai banyak pelanggan karena menyajikan aneka masakan khas Sunda yang berbeda dari yang lainnya. Kualitas rasa masakan yang lebih berasa lezat, bahan baku yang fresh, serta proses yang higienis yang menjadi alasan banyak pelanggan, selain itu konsep suasana makan dengan nuansa alam terbuka menjadi andalan makanan Sukabumi.

Jam buka dan Harga

-Buka setiap hari mulai dari pukul 10.00-22.00,
-harga mulai dari Rp. 12.000 s/d Rp.120.000.

Menu Andalan

SOP IKAN GURAME dengan ikan yang fresh, rasa dan aroma yang khas berbeda dari yang lainnya.

7. THE BUTLER SUKABUMI

Tempat ini adalah sebuah cafee bergaya retro. tempatnya yang luas dengan spot meja dan hiasan dinding yang menarik tempat ini menjadi idola kaum remaja

Lokasi

Jl. Siliwangi No. 111 | Across Sukabumi’s Mayor HouseSukabumi, Indonesia
+62 266 6243639

8. ALE’S PLACE CIPOHO

Tempat Wisata Kuliner yang sangat ramai di Kota Sukabumi ini ternyata bukan hanya ramai dibicarakan di sosial media saja. Coba aja bayangkan, tempat Makanan Sukabumi ini  tak pernah sepi ini, bahkan untuk mampir mengambil pesanan take away saja pada waktu weekend, Kamu siap-siap juga untuk antri  atau menunggu

Menu Spesial

– Ramen Sukabumi

Alamat 

Perumahan Cipoho Indah, jalan gamelan no 2

9. BUBUR AYAM BUNUT

Bubur Ayam Bunut adalah bubur ayam yang sudah lama terkenal di daerah Sukabumi.

Sejarah

Awal mulanya H. To’i mendirikan Bubur Ayam Bunut di dekat Rumah Sakit Bunut Sukabumi pada tahun 1981. Sekarang, Rumah Sakit Bunut sudah berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Syamsudin SH. Bubur Ayam Bunut pun sudah berganti generasi dan tidak berjualan lagi di dekat Rumah Sakit tersebut. Generasi yang berjualan pun sudah berganti, salah satu kerabat atau keturunan H. To’i berjualan Bubur Ayam Bunut di daerah Puncak.

Lokasi

 Jl. Siliwangi No. 93/191, Sukabumi, JaBar. Telp. 0266-221325. Agar tidak tertukar dengan Bubur Ayam Bunut yang lain, Bubur Ayam Bunut ini disebut Bubur Ayam Bunut Siliwangi.

Menu

– Bubur ayam Spesial
– Bubur ayam karoket

Menu lain

-tulang ayam

biasanya tulang ayam itu gratis karena dianggap sisa dan tidak semua orang suka

-nasi goreng spesial
-sop buntut goreng
-nasi timbel komplit
-ayam goreng penyet

Resep dan Cara Membuat Bubur Ayam Bunut Sukabumi

Bubur:
  1. beras 300 gram
  2. garam 1 sdm
  3. santan 750 ml sari 1/2 butir kelapa
  4. daun salam 2 lembar
  5. kaldu ayam 750 air (terbuat dari rebusan tulang ayam)
Haluskan:

1 sdt merica kemiri 5 butir minyak 3 sdm untuk menumis garam 1 1/2 sdt kunyit bakar 3 cm bawang merah 8 butir bawang putih 4 siung lengkuas 3 cm, memarkan serai 1 batang, memarkan daun salam 2 lembar daun jeruk 3 lembar air 600 ml

Pelengkap:

-kacang kedelai goreng -Telur ayam rebus setengah matang -bawang goreng -daun bawang iris -seledri,iris -iris cakwe, iris tipis -ayam goreng, suwir-suwir -kerupuk kanji -kecap manis

Cara Membuat:

1. Campur beras dengan santan dan air kaldu juga garam dan daun salam kemudian masak hingga menjadi bubur. 2. Kuah kuning, Cara membuatnya haluskan bawang merah, merica, bawang putih kemiri, kunyit bakar dan garam. Tumis bumbu hingga harum kemdia tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, lengkuas dan serai, tumis lagi hingga matang dan tuangkan air kemudian tunggu hingga mendidih kemduain angkat. 3. Masukkan bubur panas sedikit kedalam mangkuk lalu pecahkan teluar setengah matang dan taruh pada bagian tenganya, tutup dengan bubur panas kemudian siram dengan kuah kuning. Tambahkan suwiran ayam, kacang kedelai juga beberapa pelengkap lainnya. Sajikan bersama kerupuk kanji. 4. Kaldu ayam, kaldu ayam dibuat dengan merebus 500 gram tulang kemudian saring dan takar sebanyak 750 ml.

10 SATE ACI

Sate Aci bisa disantap langsung, bisadengan Lontong

Lokasi dan harga

Walau berlokasi jauh dari jalan raya atau tepatnya di perbatasan Desa Kersana dan Desa Kemukten, tapi keberadaan warung tersebut selalu ramai pembeli.Pembeli cukup merogoh kocek Rp10 ribu .

Nah pagi kamu jangan lupa makanan Sukabumi ini yaa, jika kalian mendatangi kota tersebut dan jangan lupa baca juga:https://wisatakeluargaku.com/13-kuliner-khas-kudus-yang-bisa-kamu-temukan-saat-mengunjungi-kota-kudus/

Tinggalkan Balasan