17 Tempat Wisata Sekitar Malioboro Murah Dan Hits

malioboro

MALIOBORO

Malioboro merupakan sebuah nama jalan yang paling terkenal di Jogjakarta, bahkan tempat ini menjadi ikon destinasi wisata di kawasan jogjakarta, maka tidak bisa dipungkiri ratusan ribu pengunjung wisatawan dalam negeri maupun luar negeri setiap hari selalu mengunjungi kawasan Malioboro.

Berada di jantung kota jogja, Malioboro sangatlah mudah di akses melalui mana pun sehingga mudah untuk kesini

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur di kota Jojakarta dan berkantong tipis, kamu tidak usah khawatir, karena banyak sekali obyek wisata di dekat Malioboro sehingga akan menghemat pengeluaran. Sedikit rangkuman petunjuk  agar memudahkan dalam daftar destinasi anda ke Malioboro

1. Keraton Jogjakarta

keraton Jogjakarta merupakan simbol bukti kemegahan masyarakat jawa, saat ini keraton jogjakarta masih digunakan dan masih berfungsi tanpa tergerus jaman, keraton jogja merupakan saksi kepatuhan warga Jawa akan adat istiadat.

Aktifitas yang bisa dilakukan didalam keroton

  • melihat museum 

    didalam keraton kita bisa melihat museum peninggalan kerajaan mulai dari baju keroton, senjata kerajaan dan bangunan- bangunan tempat raja beristirahat dan melakukan kegiatan sehari-hari

  • melihat pertunjukan seni 

    disini kamu bisa melihat kesenian wayang kulit serta kesenian tari lengkap dengan alunan khas gending jawa

  • berkomunikasi dengan abdi dalem

    dengan memakai pakaian khas jawa, para abdi dalem dengan sabar akan menerangkan setiap benda ataupun sejarah dari Keraton Jogjakarta tersebut.

Harga tiket dan jam buka Keraton

  • Wisatawan lokal: Rp 5.000
  • Wisatawan asing: Rp 15.000
  • Jam buka: Senin – Minggu pukul 09.00 – 14.00 WIB
  • parkir: Rp 3000

2. Taman Sari

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

3. Titik Nol Kilometer

Titik Nol KM berada diperempatan antara monumen Serangan Umum 1 Maret, Kantor Pos dan gedung BNI. dibelakang titik nol km adalah Istana Presiden saat masa Bung Karno. tempat ini merupakan tempat aktifitas pemuda untuk melaksanakan berbagai acara.

4. Museum Beteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg dibuat oleh belanda pada tahun 1765, benteng ini bertujuan untuk menahan serangan rakyat jogjakarta, saat ini bangunan ini menjadi museum yang menceritakan perjuangan rakyat indonesia pada waktu itu.

Harga tiket dan jam buka

  • Selasa – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: 08.00 – 17.00 WIB
  • Hari Senin dan hari libur nasional: Tutup
  • Dewasa: Rp.2.000,00
  • Anak-anak: Rp.1.000,00

Fasilitas

  • Perpustakaan
  • Ruang Pertunjukan
  • Ruang Seminar, Diskusi, Pelatihan dan Pertemuan
  • Audio Visual & Ruang Belajar Kelompok
  • Hotspot gratis
  • Pemandu
  • Ruang Tamu
  • Mushola
  • Kamar mandi

5. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan salah satu tempat wisata dan  bermain sekaligus belajar untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta untuk menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan dan  memotivasi anak juga generasi muda untuk mencintai dan mengembangkan sains. Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang  tidak hanya mendidik, tempat ini akan membuat buah hati Anda merasa senang. Taman pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan mempendalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan berwisata.

Lokasi Taman Pintar

Taman Pintar Jogja terletak di depan Bank Indonesia atau berada kurang lebih 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkapnya adalah Jalan Panembahan Senopati No. 1 -3 Yogyakarta. Telp (0274) 583631, 583713 Fax. (0274) 583664

Wahana yang dilakukan 

Taman Pintar Yogyakarta dibagi menjadi 3 gedung utama dengan wahana beragam jenis wahananya masing-masing:

  • Wahana di Gedung Kotak

Di dalam Gedung Kotak ini terdapat 10 zona yaitu: zona replika candi Borobudur, zona koleksi keris, zona koleksi tokoh wayang, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona pengolahan minyak gas dan bumi, zona planning city, zona teknologi otomotif, zona peraga turbulensi dan zona pengolahan susu.

  • Wahana di Gedung Oval

Terdapat 12 wahana yang bisa dinikmati di Gedung Oval, yaitu: zona cuaca iklim & gempa, zona argo, zona kehidupan purba, generator pedal, TV trainer, zona teknologi komunikasi, Generator Van De Graaf, zona nuklir, ICT melihat bumi, pojok kreasi sains, Terowongan ilusi, Aquarium Air Tawar.

  • Wahana di Gedung Memorabila

Seperti namanya, Gedung Memorabilia berisi tiga wahana yang kesemuanya bertujuan untuk mengenang sejarah, yaitu: Sejarah Kasultanan Kraton, Tokoh Pendidikan dan Kepustakaan Kepresidenan.

Harga Tiket dan Jam Buka Taman Pintar Jogja

  • Harga tiket masuk untuk anak-anak adalah Rp 10000
  • Dewasa Rp.18.000,-. Harga tersebut belum termasuk tiket untuk menikmati wahana permainan yang ada di dalamnya.
  • Taman Pintar dibuka dari mulai hari Selasa-Minggu. Khusus hari senin libur kecuali jika bertepatan dengan libur nasional.
  • Buka  jam 09.00 wib dan Tutup jam 16.00 wib.

7. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta mempunyai nama lain yaitu  Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih merupakan penanda batas utara kota tua jogja. Tugu  ini adalah tugu yang memiliki sejarah dan sejuta misteri di dalamnya, sehingga menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki kota Jogjakarta. Dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan Laut Selatan, Kraton Yogyakarta  dan Gunung Merapi.

8. Pasar Beringharjo

Bukan hanya pasarnya yang tua, penjualnya pun banyak yang tua, pasar ini menjadi pusat oleh-oleh kain batik bagi wisatawan yang berlibur di kawasan Malioboro. berbagai jenis barang berupa kain batik ada disini mulai baju dan celana batik, sprei batik, gorden batik, tas batik dll.

9. Alun – Alun Selatan

Yogyakarta mempunyai dua alun-alun, salah satu adalah alun-alun kidul atau selatan . berlokasi di halaman belakang Keraton Yogyakarta ini menjadi tempat bercengkerama warga Jogja dan juga lokasi ngehits para wisatawan di malam hari. Sejak sore, lapangan yang ditumbuhi 2 pohon beringin di tengahnya ini mulai menampakkan geliatnya. Para pedagang membuka lapaknya, pemilik odong-odong mulai menyalakan lampu, dan satu persatu wisatawan berdatangan.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Alun-Alun Kidul1

1 Masangin Hal pertama dan utama yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke Alkid adalah melakukan permainan masangin. Aturan mainnya sangat sederhana, yakni kamu harus berjalan kaki dari ujung alun-alun hingga melintasi 2  beringin yang sejajar dengan mata tertutup kain . Sepintas hal ini terlihat sangat mudah. Namun percayalah, masangin tidak semudah kelihatannya. Berdasarkan mitos yang dipercayai masyarakat, konon hanya merekalah  yang bersih hatinya yang bisa melintas dengan sukses pada percobaan pertama melintas ringin ini.

2. Naik Sepeda Tandem & Odong-odong  Dengan keberadaan sepeda tandem dan becak wisata atau odong-odong. Berhiaskan lampu warna-warni dan didekor secara menarik, dua alat trasnportasi ini akan menemanimu mengayuh mengitari alun-alun . Cukup membayar sekitar Rp 15.000 – Rp 30.000, kamu sudah bisa menyewa sepeda tandem atau odong-odong. Mengayuh di tengah kemacetan jalan  akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

3. Ngangkring & Lesehan Salah satu cara menikmati Alun-alun Kidul adalah dengan jajan di angkringan . Dengan  menikmati makanan yang sudah dipesan, sambil dusuk di tikar kamu bisa bercakap soal apa saja

Harga Tiket

Alun-alun Kidul merupakan area publik yang bisa diakses oleh siapa pun, Jadi kamu tidak perlu membayar tiket alias gratis . Jadi, Jika ingin berwisata ke tempat ini kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar parkir, jajan, menyewa penutup mata, atau menyewa odong-odong

10. Masjid Kauman

Masjid kauman merupakan masjid yang dibangun Sri Sultan Hamengkubuwono 1, berusia lebih dari 200 tahun, masjid ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Jogjakarta. Masjid ini juga salah satu saksi berdirinya organisasi Muhammadyah yang di dirikan KH Ahmad Dahlan.

11. Jalan Maloboro

Jalan yang membentang dari utara keselatan tersebut mempunyai panjang kurang lebih 2 km ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi jogja. disini kamu bisa menemukan oleh-oleh maupun souvenir yang dijual ribuan pedagang kaki lima.

FASILITAS LAIN  DI MALIOBORO

1. KULINER

Jogja selain disebut kota Budaya dan Kota Pelajar juga sebagai Kota Gudeg, maka tidak heran apabila di Malioboro Kamu bisa menemukan beragam Kuliner yang nikmat dan murah

Gudeg Jogja

Setiap malam mulai pukul 22.00 sepanjang malioboro akan berganti pemandangan dari penjual souvenir akan menjadi penjual kuliner salah satunya gudeg.

Tempat Gudek Terkenal Di Jogjakarta 

  1. Gudeg yu Djum
  2. Gudeg Wijilan
  3. Gudeg Pawon
  4. Gudeg Permata
  5. Gudeg Cukupan batas kota jl solo
  6. Gedeg Kendil Bu Tjitro
  7. Gudeg Bu Juminten
  8. Gudeg Bu Sri Kuncen
  9. Gedeg Mbarek Bu H Ahmad
  10. Gudeg Geneng Mbah Marto
  11. Gudeg Mercon Bu Ngatinah
  12. Gedeg Ceker pedas raos
  13. Gude Bu sastro
  14. Gudeg Manggar
  15. Gudeg Sagan
Oseng-oseng mercon

Makanan khas jogja yang terkenal dengan pedasnya tersebut memang sudah terkenal dimana-mana. Daging ayam yang dicampur bumbu dan cabe ini asal mulanya dari penjual makanan di kawasan kauman, jadi apabila kamu ingin menikmati aslinya makanan ini datang saja ke  kauman atau 300m ke barat dari titik nol km.

Kopi jos

Kopi hitam yang dicampur dengan bara api arang akhirnya berbunyi josss, itulah sensasi kopi jos yang tersedia di angkringan kawasan tugu Jogja, malam hari bersama teman-teman sambil menikmati sensasi kopi ini membuat kamu akan ketagihan, dengan membayar Rp 5000 kamu akan mendapatkan secangkir kopi joss

Bakpia patok

Mendatangi langsung pembuatan bakpia patok di jl Bhayangkara merupakan pengalaman tersendiri, disini kamu bisa menyaksikan sekaligus membeli oleh-oleh khas jogja dengan rasa yang murah dan masih hangat,

Geplak

Makanan manis dari kelapa ini banyak dicari wisatawan yang berlibur di jogja, kawasan pasar peringharjo merupakan pusat penjualan geplak yang berada dikawasan jalan Malioboro.

2. Kesenian

anglung jalanan

Sepanjang Malioboro kalian akan dihibur oleh musik jalanan dengan alat anglung, kulintang dan drum ember, uniknya musik dan lagu membuat kamu akan terbawa suasana. cukup memberikan uang seiklasnya kalian akan berlala-lama menikmati jogetan dan nyanyian dari pengamen jalanan ini

Oyot Godhong Cabaret Show

Berlokasi di lantai 3 batik mirota, malioboro, kamu bisa menyaksikan pertunjukan puluhan waria menari dan bernyanyi, dengan membayar Rp 50000, kamu akan mendapatkan makanan dan minuman sembari menikmati pertunjukan yang dibuka hanya malam jumat dan malam sabtu saja.

baca juga :https://wisatakeluargaku.com/inilah-10-wisata-baru-terpopuler-2018-umbul-ponggok-salah-satunya/

Tinggalkan Balasan