Gunung Prau Wonosobo, Indahnya Matahari Terbit Di Musim Kemarau

Gunung Prau merupakan destinasi wisata unggulan yang berada didataran tinggi dieng Wonosobo Jawa Tengah, bagi Kamu yang ingin berlibur ditempat yang indah dengan pemandangan alam yang luar biasa, tempat ini cocok sebagai destinasi tujuan anda dan teman-teman.

RUTE KE PUNCAK 

JALUR PENDAKIAN

 3 pintu utama yaitu

1.Via Dieng

2.patak banteng

Patak banteng merupakan pintu masuk yang paling digemari oleh para pendaki, karena tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk sampai ke puncak gunung prau walaupun jalurnya sangat exstrime. Jalur pendakian patak banteng terdiri dari pos pemberhentian yaitu

pos pertama sikut dewo

pos tanggal walang dan

pos cacingan.

3.kali lembu

Setiap pintu masuk jalan pendakian ke puncak, tentu saja terdapat rumah-rumah  warga yang sudah disiapkan guna penginapan-penginapan sederhana untuk bermalam sebelum naik kepuncak gunung, selain murah keramahan warga lokal dengan sajian makanan dan kopi hangat yang membuat kita betah bermalam disana.

Sementara itu saat musim hujan, petugas keamanan tentunya akan melarang para pendaki yang akan naik ke puncak, faktor keselamatan tentunya yang menjadi alasan besar mereka untuk menghimbau melarang naik, selain jalan menuju puncak yang licin serta ekstrim dengan jurang yang curam dikanan kiri jalan, bahaya lain yaitu petir yang membahayakan saat musim penghujan.

Gunung tersebut yang mempunyai ketinggian 2565 mdpl terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang menawan. Dari atas puncak Gunung Prau para pendaki bisa menyaksikan Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Sindoro dengan hamparan awan yang menyelimutinya, tentu saja pemandangan yang sangat menakjubkan. Selain melihat tiga gunung, wisatawan juga dapat melihat lautan rumput yang sangat luas.

Bagi para traveler yang suka akan ketinggian mendatangi gunung prau merupakan sensasi tersendiri, maka tidak salah apabila ribuan tenda akan kamu lihat setiap harinya di puncak gunung prau ini, apalagi saat akhir pekan ataupun malam tahun baru, bisa dipastikan kamu tidak akan mendapatkan tempat untuk mendirikan tenda diatas gunung prau.

FASILITAS

  • Penginapan Warga

  • ojek

  • warung makan

LOKASI

Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

FAKTA MENARIK SEKITAR PUNCAK 

  • Sebagian besar dari ribuan pendaki hanya mencapai di camping ground, tidak sampai ke puncak tertinggi Gunung Prau
  •  Sebagian besar pendaki menulis ketinggian Gunung Prau dengan angka 2565 mdpl, padahal puncak tertingginya adalah 2590 mdpl
  • Pada musim kemarau, saat suhu udara kawasan Gunung Prau mencapai titik terendah, Kamu bisa menemukan kristal es yang menempelkan pada permukaan tanah di beberapa lokasi saat pagi hari.
  • Bila cuaca sedang cerah, ada lima gunung yang bisa dilihat langsung ketika menghadap arah timur, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Bila Kamu sejenak melihat ke arah barat, terlihat Gunung Slamet.
  • Sebagian besar pendaki  tidak menjumpai Bunga edelweiss di Gunung Prau.
  • Apabila kita memutari menara yang ada di Gunung Prau, maka kita telah menginjakkan kaki di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung.
  • Di sekitar menara saat malam hari kadang terdengar suara-suara lirih. Itu adalah suara dari menara tersebut yang mudah terdengar saat malam hari dan tidak berangin.
  • Gunung Prau merupakan kawasan hutan lindung yang dikelola oleh PT Perhutani. Jadi para pendaki membeli tiket masuk ke kawasan hutan lindung bukan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi).
  • Bagi orang awam, ketika mendengar nama Gunung Prau masih menganggap bahwa Gunung Prau ini adalah Tangkuban Perahu. Sebagian lagi lebih sering menyebut dengan Gunung Dieng.
  • Matahari terbenam di puncakhanya dinikmati oleh sebagian kecil pendaki , kebanyakan pendaki naik malam hari hanya untuk menanti matahari terbit, kemudian turun saat siang hari.

baca juga :https://wisatakeluargaku.com/inilah-10-wisata-baru-terpopuler-2018-umbul-ponggok-salah-satunya/

Tinggalkan Balasan