9 Air Terjun Kudus, No 4 Namanya Menakutkan

https://id.wikipedia.org/wiki/Air_Terjun_Pengantin

Air Terjun kudus– Kudus sangat kaya akan tempat wisata alam, apalagi air terjunnya. Wisatawan yang ingin merasakan suasana berbeda dari tempat liburan yang ada di kota, boleh mempertimbangkan tempat wisata air terjun di kudus  yang akan diulas kali ini. Dapatkan pengalaman liburan berharga di berbagai tempat terjun  ini yang merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan apalagi bersepeda motor bersama taman- teman menambah suasana menyenagkan karena bisa berpetualang dan berwisata di kawasan pegunungan Muria untuk menikmati segaligus merasakan segarnya air terjun yang keluar langsung dari mata air tersebut.

Berikut 10 air terjun Kudus yang wajib anda kunjungi

1. AIR TERJUN MONTEL

Air Terjun Montel merupakan primadonanya wisata alam di Kudus. Berlokasi di Desa Colo Kecamatan Dawe Kudus, Air Terjun Montel menjadi wisata alam paling populer di Kabupaten ini yang tak boleh kamu lewatkan . Suasana di tempat wisata Kudus satu ini bisa dibilang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi, ditambah dengan rimbunnya pepohonan dan tanaman hijau yang berada di sekitar air terjun membuatnya terlihat alami. Air Terjun Montel memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan debit air yang cukup deras, tepat di bawah air terjun terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi atau sekedar membasuh muka.

Harga Tiket

Dengan biaya hanya RP 7500,- anda sudah bisa menikmati pemandangan alam sepuasnya.

2. AIR TERJUN GONGGOMINO

Air Terjun Gonggominoterdapat di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Letaknya 25 Km ke arah utara dari pusat kota Kudus. Tepatnya di kawasan Pegunungan Muria, Desa Japan Kecamatan Dawe Kudus Jawa Tengah. Pegunungan Muria memiliki ketinggian ± 1.602 m dpl (di atas permukaan air laut). Wisata Air terjun ini cocok sekali digunakan untuk mengisi liburan akhir pekan ataupun mengisi liburan panjang. Pada dasarnya untuk obyek wisata air terjun tersebut juga menyajikan berbagai pemandangan air yang jatuh dari atas perbukitan dan juga dengan pemandangan yang ada disekitarnya.

3. AIR TERJUN WATU GOPENG

Air terjun Gompeng adalah salah satu objek wisata alam yang baru saja dieksplor dan menjadi perbincangan banyak nitizen khususnya dikalangan anak muda saat ini. tempatnya yang masih alami dan asri membuat pengunjung merasa tertantang sekali. Air terjun yang berada di desa Kuwukan kecamatan Dawe kabupaten Kudus Jawa Tengah ini belum memiliki akses jalan yang baik karena awalnya tempat ini bukanlah sebagai tempat wisata. untuk sampai ketempat ini anda harus melewati jalan setapak diantara areal pesawahan dan perkebunanan milik warga. untuk bisa sampai ke lokasi air terjun yang berada dibawah tebing anda juga harus melewati jalan yang terjal dan curam tanpa alat pengaman yang memadai, sehingga pengunjung harus berhati-hati.

4. AIR TERJUN PENGANTIN  (KEMBAR)

Namanya memang seperti sebuah film horor indonesia yang dirilis tahun 2009, akan tetapi air terjun tersebut memiliki pemandangan yang luar biasa. Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Dewe tidak mengunjungi Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus, sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Air Terjun Pengantin di kota Kudus.

5. AIR TERJUN KEDUNG GENDER

Wisata Air Terjun kudus Kedung Gender di Desa Japan Kecamatan Dawe Kudus merupakan salah satu tempat wisata yang direkeomendasikan untuk dikunjungi. Tempatnya sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dan sejenak untuk melupakan rutinitas pekerjaan. Lokasinya cukup mudah dijangkau wisatawan karena berada di pingir jalan Colo-Gembong Atau sekitar 5 menit dari pangkalan ojek wisata Colo. Tak perlu khawatir akan tersesat, karena Karang Taruna Wadansari Desa Japan sudah memasang banner besar dan petunjuk jalan. Air terjun Kedung Gender di Dawe Kudus memiliki pesona keindahannya tidak ada duanya. Suasana menuju lokasi juga masih terlihat asri dengan pemandangan hutan dan pegunungan muria. Udaranya juga sejuk khas daerah pegunungan.

6. AIR TERJUN DONG PASO

 

Air terjun kudus ini terletak di Dukuh Waringin, Dawe Kudus. Untuk bisa ke lokasi ini, dibutuhkan kurang lebih 50 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari pusat Kota Kabupaten Kudus. Letaknya yang tersembunyi di balik hijaunya pepohonan Gunung Muria, membuat sebagian kalangan belum begitu mengenal. Namun anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada petuntuk jalan ketika anda sudah sampai di gerbang masuk wilayah Desa Colo atau lebih kita kenal dengan sekitar pangkalan Ojek Wisata Religi Sunan Muria. Dari tempat itu, kita bisa memulai perjalanan dengan naik Sepeda Motor atau kendaraan roda dua. karena lokasinya yang tersembunyi, maka hanya kendaraan roda dua yang bisa mengakses tempat wisata tersebut. Dibutuhkan sekitar 10 menit dari pangkalan Ojek Muria, kemudian mengikuti petuntuk jalan yang sudah ada di jalan menuju lokasi.Sampai mendekati lokasi anda harus berhenti untuk menitipkan kendaraan anda kepada warga sekitar, dengan tarif cukup murah Rp. 2000. Kemudian melanjutkan dengan jalan kaki sekitar 10 menit untuk bisa sampai di AirTerjun Kedung Paso. Sesampainya di sana, maka anda akan menemukan surga yang tersembunyi di balik Gunung Muria, atau keindahan alam yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Disamping itu anda juga bisa menikmati kejernihan dan kesejukan air yang bersumber langsung dari Gunung Muria.

7.AIR TERJUN TERNADI

Air terjun ternadi terletak di Desa Ternadi Kecamatan Dawe Kab.Kudus. Air terjun ini berdekatan dengan makam sunan Kaliyetno, dan juga obyek wisata watu payung. Wisata Air Terjun Ternadi di Dawe Kudus Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Air Terjun Ternadi di Dawe Kudus Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Kudus tidak mengunjungi Wisata Air Terjun Ternadi di Dawe Kudus Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

8. AIR TERJUN KALIBANTENG

Air terjun kudus Kali Banteng yang terletak di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.Untuk mencapai lokasi yang terletak 19 kilometer di sebelah utara jantung Kota Kudus ini butuh waktu sekitar 45 menit. Hijaunya perbukitan terhampar sepanjang mata memandang. Jalan berliku khas di pegunungan yang tampak dari keajuhan, seolah melambai ingin segera dilintasi. Saat akhir pekan atau hari libur tempat ini dapat dipastikan ramai pengunjung ketimbang hari biasa. Baik masyarakat Kudus mau pun sekitarnya, mereka yang datang umumnya berniat sama, melepas penat setelah disibukkan berbagai aktifitas yang menguras energi. Hanya ada jalan setapak dari tempat kendaraan diparkir untuk sampai di air terjun. Jalan yang memanjang sekitar 200 meter itu cukup terjal. Dipastikan sampai sebelum keringat mengucur deras membasahi dahi. Air terjun bertingkat sudah berada di depan mata. Bening dan segarnya air yang mengalir, tidak sedikit pengunjung tergoda untuk berbasah-basahan atau hanya bermain di tepian.

Rute

Dari Kudus Ke utara- ambil jurusan kecamatan gebog- lurus keutara naik pegunungan muria- ada tulisan selamat datang desa Rahtawu

Wasilitas

Desa Wisata Rahtawu
  • Tempat padepokan
  • Wisata Kuliner
  • Wisata Alam
  • Puncang 29
  • Wisata Sungai

9. AIR TERJUN TERBAN 

air terjun kudus

Terletak di Desa Terban Kecamatan Jekulo, air terjun kudus satu ini masih belum banyak diketahui letaknya yang berada di pegunungan Pati Ayam. Meskipun air jatuh dari tempat yang tidak terlalu tinggi, namun tetap menarik untuk disinggah. Apalagi belum banyaknya campur tangan di Air Terjun Kancilan, membuat pemandangan yang disuguhkan masih sangat alami. Masih alami dan perawan itulah air terejun kancilan Desa terban, apabila anda menuju lokasi air terjun, sebaiknya menggunakan sepeda angin atau sepeda motor, akses jalannya yang masih belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat .

baca juga: https://wisatakeluargaku.com/10-desa-wisata-di-kudus-yang-wajib-anda-tahu-no-8-paling-ngehits/

Tinggalkan Balasan