Asian Games 2018, Sumsel Siapkan 10 Destinasi Wisata Unggulan

asian games 2018

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia mulai tanggal 18 Agustus sampai 2 Juli mendatang diperkirakan akan dikunjungi oleh jutaan orang se Asia bahkan dunia yang akan ikut menyaksikan dan memeriahkan pesta olah raga terbesar se asia tersebut.

Sumatera Selatan yang menjadi salah satu tuan rumah diantara 4 Provinsi di Indonesia yang daerahnya digunakan untuk berlangsungnya beberapa canang olah raga tersebut tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mempromosikan obyek wisata unggulannya.

Melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Selatan, ada sepuluh lokasi wisata unggulan yang dipromosikan untuk menarik dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di Provinsi salah satu Pulau Sumatra tersebut selama berlangsungnya Asian Games 2018

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Sinaga, Palembang mempunyai 65 tempat wisata, tetapi 10 Destinasi wisata unggulan yang kami Fokuskan selama berlangsungnya Asian Games 2018

10 Destinasi Wisata Unggulan Sumatra Selatan 

  1. Banteng Kuto Besak

Banteng Kuto besak merupakan Keraton yang ada di wilayah palembang, selain di jogja wilayah sumatra juga mempunyai keraton yang masih terawat sampai saat ini. Lokasi Banteng Kuto Besak saat ini selain untuk wisata sejarah juga tempat berbagai festival untuk warga bumi Sriwijaya

Sejarah

Kuto besak adalah bangunan keraton yang pada abad 18 menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak dimulai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758 dan pelaksanaan pembangunannya diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803. Sultan Mahmud Bahauddin tersebut merupakan seorang tokoh kesultanan Palembang Darussalam yang realistis dan praktis dalam perdagangan internasional, serta seorang agamawan yang menjadikan wilayah Palembang sebagai pusat sastra agama di Nusantara saat itu. Mengenal perannya sebagai sultan, kerajaan dipindahkan dari Keraton Kuto Lamo ke Kuto Besak, sehingga penjajah  Belanda menyebut Kuto Besak sebagai nieuwe keraton alias keraton baru.

2. Museum Bala Putra Dewa

Museum ini memperkenalkan wisata sejarah yang ada di Palembang, Aneka koleksi yang ditampilkan di museum ini sangat beragam, mulai jaman pra sejarah sampai  memasuki zaman revolusi Indonesia

Koleksi Museum Bala Putra Dewa

  • Masa Pra sejarah

kapak lojong, kapak genggam, arca megalitik, tengkorak homo erectus, beliung persegi

  • Masa Pra Sriwijaya

Manik-manik yang berasal dari peninggalan situs Karang agung

  • Masa Kerajaan Sriwijaya

Archa Budha dan Hindu, manik-manik kembang unglen,

3. Museum Sriwijaya dan Taman purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya merupakan  awalnya juga sempat dikenal oleh masyarakat sekitar dengan istilah Situs Karanganyar.

Lokasi

wisata ini sebelumnya adalah suatu daerah pemukiman warga dengan beberapa taman. Daerah tersebut sering dikaitkan dengan Kerajaan Sriwijaya.

4. Kampung Kapitan

asian games 2018

kampung ini merupakan bangunan yang menampilkan rumah etnis cina, didalam kampung ini terdapat 15 bangunan rumah namun tidak semua bergaya China. Yang paling mencolok adalah bangunan rumah Sang Kapitan. Bangunan inti Kampung Kapitan terdiri dari 3 rumah yang juga menjadi bangunan paling besar yang ada di sana.

5. Kampung Al-Munawar

tempat wisata palembang

Kampung ini menjadi kawasan bagi warga Palembang keturunan Arab yang melakukan aktifitas perdagangan di pinggiran Sungai Musi. Mayoritas pemukiman warga Arab terletak di sepanjang Sungai Musi, baik di bagian Ilir, maupun yang di bagian Ulu. Dalam bermasyarakat di sini terdapat beragam paham yang berkembang. Diantaranya ada keturunan Assegaf, Al-Habsy, Al-Kaaf, Hasny, Syahab (Shyhab), dan sebagainya.

6. Museum Sultan Mahmud Badarudin

Museum ini berdiri di atas bangunan Benteng Kuto Lama yang disebut juga Kuto Tengkurokato Kuto Batu. Dahulu bangunan ini pernah habis dibakar oleh Belanda. Kemudian di atasnya dibangun gedung tempat tinggal Residen Belanda, sebelum akhirnya menjadi museum.

7. Al Quran Al Akbar

Alqur an akbar mweupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di Palembang, lokasi ini memberikan pengetahuan dan kecintaan umat islam terhadap kitab suci Al quran

Lokasi

Berlokasi di Pondok Pesantren AL Ihsaniyah Gandus di Jl Pangeran Ing Sido Lautan Lrg Budiman, Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus Palembang

8. Bukit Siguntang

Bukit Seguntang merupakan bukit paling tinggi di dataran tinggi Palembang yang dianggap sebagai tempat penting sejak masa Kerajaan Sriwijaya, beberapa temuan artefak yang bersifat buddhisme menunjukkan tempat bahwa ini adalah salah satu kawasan pemujaan dan keagamaan kerajaan. Pada tahun 1920-an di lereng selatan bukit tersebut ditemukan arca Buddha bergaya Amarawati. Arca berukuran cukup besar ini ditemukan dalam beberapa pecahan.

9. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah destinasi wisata yang kaya akan legenda dan menyimpan kisah cinta tragis

Sejarah Legenda

Sejarahnya, dahulu kala terdapat puteri raja bernama Siti Fatimah yang disunting oleh bangsawan Tionghoa bernama Tan Bun An. Suatu ketika, Siti Fatimah diajak ke negeri Tiongkok oleh Tan Bun An untuk bertemu dengan keluarganya yang berada disana. Sepulangnya ke Palembang, mereka dihadiahi tujuh buah guci oleh orangtua Tan Bun An.

Ketika kapal yang mereka tumpangi sampai di perairan Sungai Musi, Tan Bun An membuka hadiah yang diberikan oleh orang tuanya. Dia sangat kaget karena mengetahui bahwa di guci tersebut hanya berisi sayur-sayuran yang sudah membusuk. Tanpa berpikir panjang lagi, Tan Bun An membuang satu persatu guci tersebut ke Sungai musi. Sampai pada guci yang ketujuh, ternyata pecah, dan terdapat emas yang berada di dalamnya. Emas sengaja ditutupi dengan sayuran untuk menghindari ancaman bajak laut. Mengetahui bahwa hadiah dari orang tuanya adalah emas, Tan Bun An langsung menceburkan dirinya ke sungai untuk mengambil guci-guci tersebut.

10. Pasar 16 Ilir

http://palembang.tribunnews.com/2015/06/09/pasar-16-palembang-pusat-belanja-murah-dan-bersejarah

Lokasi ini Satu-satunya pasar terbesar dan teramai di Kota Palembang adalah Pasar 16 Ilir Pasar yang terletak di samping Jembatan Ampera ini tidak pernah sepi dari aktivitas jual beli.

Baca Juga : https://wisatakeluargaku.com/labuhan-bajo-destinasi-wisata-arjen-ruben-yuk-kita-intip/

Tinggalkan Balasan