Bandara New Yogyakarta Dengan Destinasi Wisata Terbaru

Bandara New Jogjakarta Dengan Destinasi Wisata Barunya

Bandara New Yogyakarta Airport yang berada di Kabupaten Kulon Progo saat ini tengah dikebut pembangunannya, Saat Ini pemerintah telah menyipkan berbagai fasilitas untuk mendukung proses kunjungan wisata ke Jogjakarta dengan mengembangkan berbagai obyek wisata yang berada sekitar bandara New Yogyakarta. Kalau dulu obyek wisata Sekitar Kulon Progo merupakan penompang ubyek wisata utama sekitar jogja, saat ini dengan adaya bandara ini, sejumlah obyek wisata baru dikembangkan untuk menjadi tujuan utama pengunjung yang akan mendatangi Jogjakarta melalui Bandara New Yoyakarta Airport yang berada di Kabupaten Kulon Progo

4 Destinasi Baru Sekitar Bandara New Yogyakarta

1. Goa Kiskendo

goa kiskedo
by IG goa kiskedo

Goa alam ini layaknya goa-goa pada umumnya di Indonesia, tetapi Sejarah dan mitosnya yang menjadikan gua ini menjadi menari para wisatawan, relief wayang yang berada di dinding goa menjadikan daya tarik tersendiri dari goa ini.

Sejarahnya

bandara new yogyakarta

Kiskendo sendiri menurut sejarahnya merupakan nama dari kerajaan dari Lembusura dan mahesasura, dahulu kedua raksasa ini memang sakti, kemudian khayangan mengadakan sayembara, barang siapa yang bisa membunuh raksasa sakti ini kalau laki-laki akan dijadikan istri torokasih dan perempuan jadi saudaranya, singkat cerita datanglah subali dan sugriwo yang merupakan sosok manusia kera. mereka berdua datang kekerajaan Kiskendo untuk menantang kedua raksasa tersebut, tetapi yang masuk goa tersebut adalah subali sedang sugriwo menunggu diluar mulut goa, sebelum masuk, subali menyampaikan pesan kepada sugriwo apabila aliran sungai ini berwarna merah berarti yang mati musuhnya, sedangkan warna putih yang mati subali.

Singkat cerita ternyata sugriwo melihat aliran air berwarna merah bercampur putih sehingga sugriwo mengira semuanya mati dalam goa sehingga mulut goa ditutup sugriwo,ternyata subali masih hidup dan bisa membuka mulut goa melalui ajian pancasona, karena tidak terima bertarunglah subali dan sugriwo dan akhirnya dimenangkan oleh sugriwo melalui bantuan khayangan.

Lokasi

Goa ini berlokasi di kawasan perbukitan menoreh, Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kulon Progo, berjarak sekitar 40 km dari Yogyakarta

Aktifitas Yang Dilakukan

  • menyaksikan goa dengan relif cerita Subali dan Sugriwo berperang melawan Lembusora dan mahesasura
  • Melakukan camping atau kemah karena kawasan ini mempunyai halaman lapangan yang luas
  • menyaksikan hiburan saat-saat tertentu karena pemeritah saat ini membuat panggung sekitar kawasan ini

2. Puncak Suroloyo

Puncak ini juga berada di kabupaten Kulon Progo menikmati alam dengan pemandangan candi Borobudur atau menyaksikan matahari terbit merupakan cerita tersendiri bagi wisatawan yang mendatangi kawasan ini, Ada tiga gardu pandang yang bisa kamu temukan dipuncak Suroloyo, pagi hari merupakan waktu terbaik mengunjungi kawasan ini.  Puncak Suroloyo juga mempunyai cerita dan mitos yang melegenda, sehingga disana kamu akan menjumpai pertapaan disana.

Sejarah Puncak Suroloyo

menurut cerita Sultan Agung Hanyokrokusumo waktu itu mendapat wangsit tentang kekuasaan di tanah Jawa. Beliau mendapat wangsit bila mau menjadi penguasa di tanah Jawa ini, syaratnya Sang Raja harus berjalan kearah barat di Keraton Kotagede menuju pegunungan menoreh dan melaksanakan tapa brata di salah satu perbukitan menoreh ini, hingga sekarang lokasi ini dikenal dengan nama puncak Suroloyo

Fasilitas

Saat ini berbagai fasilitas pendukung telah tersedia dilokasi ini mulai dari

  • gardu pandang
  • toilet
  • kios cinderamata
  • homestay
  • tempat parkir serta jalur yang aman serta nyaman
Lokasi

Puncak Suroloyo berada di puncak tertinggi perbukitan Menoreh Kulon Progo, Dusun Keceme, Desa Gerbosari  Kecamatan Samigaluh Kulon Progo dengan jarak sekitar 45 km dari Yogyakarta

3. Kebun Teh Nglinggo

Kebuh Teh ini berada di Desa Nglinggo sesuai dengan nama lokasinya. Di kebun teh ini kamu bisa menikmati hamparan kebun teh yang luas dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Disini kamu juga bisa melakukan petik teh atau menikmati teh yang masih segar.

Lokasi

Desa Nglinngo dan Desa  pagerharjo kecamatan samigaluh dan masih dalam lokasi perbukitan menoreh

Rute 
– Dari JogjaDari jalan  Godean – lurus ke barat melewati sungai Progo – traffic light kenteng belok kanan – lurus ikuti  jalan hingga menemukan tugu di tengah jalan – belok kiri masuk ke Jalan  Samigaluh – lurus ikuti saja jalan. Sampai  kira kira 15-20 km, kamu akan melewati Kantor Kecamatan Samigaluh – Sampai disana kamu akan menemukan pertigaanan bertuliskan Desa Wwisata Nglinggo – belok kanan – ikuti jalan lurus naik ke atas kira kira 2km anda akan sampai di puncak kebun teh.
– Dari Magelang – Kalibawang – Lampu merah ndekso dengan tugu ditengah jalan – belok kanan ke Jl. Samigaluh- ikuti petunjuk papan

4. Desa Wisata Banjaroya

Desa ini merupakan desa dengan bererapa obyek wisata yang terkenal di kawasan Kulon Progo , festifal dan makanan khas. Desa Wisata Banjaroya atau Dewa Bara berada di jalan raya sentolo Muntilan, Kecamatan Kalibawang Kulon Progo.

Obyek Wisata Desa Banjaroya
  • Goa Maria
  • Lourdes Sendangsono
  • Ancol Kalibawang
  • Festival Durian ( Agro durian)
  • Makam Kyai Krapyak Tsani
  • Sendang Welas Asih
  • Embung dan
  • Kampung Banjaran
Instagram By Desa Wisata banjaroya
Kesenian Tradisional
  • Kethoprak
  • Jathilan
  • Angguk
Makanan Khas Kuliner Desa Banjaroya 
  • Selondok
  • Gula Merah

Dengan adanya Bandara New Yogyakarta, Kulon Progo diharapkan wisatawan bisa menikmati kunjungan wisata sekitar bandara sebelum melanjutkan perjalannya untuk jalan-jalan ke Yogyakarta atau ke Borobudur Magelang.

BACA JUGA : https://wisatakeluargaku.com/17-tempat-wisata-sekitar-malioboro-murah-dan-hits/

Tinggalkan Balasan