Berburu Batik Di Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer merupakan pasar dengan menjual berbagai baju batik dan kain bermotif batik, berburu  baju batik menjelang lebaran tidak salahnya apabila kita mendatangi Pasar Klewer Solo ini . Pasar yang ramah merupakan panggilan khas pasar batik tersesar di kota Solo. Disini, Kamu akan menemukan motif kain batik yang beragam apabila kita datang kesini.

SEJARAH

Nama Pasar Klewer diberikan oleh Presiden Indonesia ke 2 yaitu Jendral Besar Soeharto, mengingat pasar yang belum dibangun, ratusan pedagang menempatkan dagangannya di tiang-tiang sehingga disebut kleweran. Dibangun sejak tahun 1969 pasar Klewer dibangun seluas 12000 m/segi.

BANGKIT SETELAH PASCA KEBAKARAN 

Setelah terjadi kebakaran 27 Desember 2014 yang mengakibatkan lebih dari 3000 pedagang tidak mempunyai kios, Saat ini Pasar Klewer telah berubah rupa dan terlihat modern dengan bangunan barunya dengan bangunan bertingkat. Tak tanggung-tanggung, Presiden Joko Widodo oran yang meresmikannya pada  tanggal 21 April 2017.

– Fasilitas 

Lapak modern

jalan luas

Mushola

kios Kuliner

Toilet

tempat parkir

Alamat Cara menuju ke Pasar Klewer

  • Alamat      : Jalan Dr. Radjiman, Surakarta, Jawa Tengah
  • Rute Bagi kamu yang memakai kendaraan pribadi dari Yogyakarta, anda bisa melewati Jalan Jogja – Solo. Sesampainya di Solo, anda bisa mengikuti papan petunjuk menuju Keraton Surakarta. Pasar Klewer berada di sekitar Kompleks Keraton Mangkunegaran.

KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN PENGUNJUNG 

Bangunan ini Terdiri dari dua lantai, pasar ini mampu menampung lebih dari 2000 (dua ribu kios). Jika berkunjung dipasar ini, kita akan disuguhi harga batik yang murah, hal ini karena sebagian penjual yang berada di kios pasar tersebut mempunyai konveksi sendiri-sendiri. Para penjual percara hubungan antara penjual dan pembeli bukan sekedar hubungan bisnis semata, tapi juga hubungan kekeluargaan.

  • Berburu barang murah
  • Koleksi batik
  • Berwisata sambil berbelanja

Pasar yang sudah menjadi cagar budaya ini selalu dipenuhi pengunjung, baik dari dalam maupun luar Solo, apalagi pada saat libur akhir pekan ataupun mendekati hari Kartini, ribuan pengunjung akan memenuhi pasar tersebut.

Menurut salah satu penjual batik di pasar ini, sejak batik ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya indonesia dan pemerintah mewajibkan seluruh instansi pemeritahan dan swasta memakai batik setiap hari Jumat, permintaan akan batik begitu besar, tidak hanya di Solo maupun Jawa Tengah, akan tetapi permintaan seluruh Indonesia.

Sementara itu untuk pengujung yang dari luar Solo kebanyakan wisatawan yang sedang mengunjungu Jogja dan Solo, mereka membeli oleh-oleh batik

JAM BUKA DAN LOKET MASUK

  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Untuk masuk ke Pasar Klewer tidak dipungut biaya, tapi untuk parkirnya dekanakan biaya Rp 5000

Baca juga: https://wisatakeluargaku.com/kunjungi-jelajah-solo-dalam-14-obyek-wisata-terkini/

https://wisatakeluargaku.com/oyot-godhong-cabaret-show-destinasi-wisat-tersembunyi-di-malioboro/

https://wisatakeluargaku.com/kebun-teh-kemuning-karang-anyar-berwisata-memetik-teh-dan-menikmati-nikmatnya-teh-dikaki-gunung-lawu/

Tinggalkan Balasan