Bukit Jamur Gresik, Destinasi Wisata Baru Yang Kekinian

bukit jamur

Bukit Jamur

Bukit Jamur Gresik merupakan destinasi wisata yang baru ngetren di provinsi Jawa Timur. Disebut Bukit Jamur, tempat ini merupakan sebuah area yang dipenuhi dengan batu-batuan besar  yang bentuknya menyerupai jamur. Rupanya, bebatuan ini mengalami abrasi selama bertahun-tahun lamanya sehingga bagian-bagian tengahnya terkikis sedikit demi sedikit sehingga mengakibatkan  bentuknya seperti tumbuhan spora tersebut.

Dulunya, tempat ini asalnya disebut sebagai Bukit Dakar, namun seiring berjalannya waktu area ini oleh masyarakat  lebih dikenal sebagai Bukit Jamur karena bentuk bebatuannya yang unik membuat perbukitan ini ramai dibanjiri pengunjung yang hobi traveler di tempat wisata yang baru.

Sejarah bukit jamur

Asalnya area pegunungan ini merupakan tempat penambangan batu kapur dan masih digunakan sampai sekarang . Karena faktor alam seperti angin dan hujan, tanah yang berada dibawah bebatuan terkikis sehingga menyerupai batang. Di lokasi wisata bukit jamur terdapat sekitar 40 batu jamur yang tersebar sekitar 3 hektar dari seluruh luas tambang. Tinggi jamurnya pun bervariasi , mulai dari 2 meter hingga mencapai 7 meter. Bentuk batu yang unik menyerupai jamur inilah yang menjadi daya tarik lokasi ini khususnya untuk para penggila selfie

Lokasi Dan Rute Menuju Bukit Jamur Gresik

lokasi

Kawasan wisata yang satu ini berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

rute

Untuk rute menuju ke Bukit Jamur sendiri, Kamu bisa ambil arah Gresik kota menuju ke barat melewati jalur Pantura, kemudian dari Jembatan Sungai Bengawan Solo Sembayat, disini kamu akan menjumpai pertigaan Bungah dari pertigaan ini belok ke kiri, di sana Kamu akan menjumpai  papan petunjuk arah menuju ke Bukit Jamur gresik.

Tiket Masuk 

Masuk ke kawasan ini sendiri sebetulnya gratis, tetapi apabila anda menggunakan sepsda motor cukup membayar sekitar Rp. 3.000, sedangkan untuk yang membawa mobil, Kamu cukup mambayar sekitar Rp. 10.000, tempat wisata bagi kamu yang ingin berlibur murah meriah namun tetap hits, kawasan ini hanya di buka pada saat hari sabtu dan minggu saja, karena pada hari senin sampai jumat, banyak para pekerja yang lalu lalang di tempat ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan di bukit jamur

Berfoto merupakan tujuan utama para wisatawan yang mengunjungi kawasan ini, puluhan perbukitan seperti jamur raksasa menjadikan tempat ini menjadi instagramble banget.

Faktor Pendukung

akses yang mudah dituju dan dekat dengan Surabaya, menjadikan kawasan ini cepat sekali menjadi terkenal seantero negeri

Fasilitas di Bukit Jamur Gresik

– Toilet Umum

Dibeberapa titik terdapat toilet umum, sehingga pengunjung tidak perlu jauh-jauh dari tempat ini

– Lahan untuk parkir

Area parkir yang luas membuat pengunjung leluasa memakirkan mobilnya di kawasan ini

– Warung atau tempat makan

walaupun agak sedikit jauh dari lokasik, kamu bisa menemukan warung-warung amakan yang menjual makanan dan minuman khas Gresik dengan harga terjangkau.

baca juga: https://wisatakeluargaku.com/inilah-10-wisata-baru-terpopuler-2018-umbul-ponggok-salah-satunya/

https://wisatakeluargaku.com/17-tempat-wisata-sekitar-malioboro-murah-dan-hits/

Tinggalkan Balasan