De Colo Madu Meseum Transformer Di Kota Solo

de colo madu

De Colo Madu

De Colo Madu merupakan destinasi wisata museum baru yang berada di Solo, awal mulanya Museum ini merupakan sebuah pabrik gula yang sudah tidak beroperasi lagi.

Jika kita jalan -jalan Ke Solo, jangan lupa untuk mendatangi Pabrik gula colo madu yang melegenda. Pabrik gula yang berdiri sejak tahun 1860 dan perbah menjadi pabrik gula terbesar di Asia pada masa jayanya, kini Colo Madu berubah dari produksi menjadi tempat destinasti wisata baru di Solo.

Sejak direnovasi dan berubah fungsi menjadi sebuah meseum, Colo madu berubah nama menjadi De Colo Madu.

Jaman sudah berganti, saatnya mesin2 raksasa beristirahat dan dijadikan saksi sejarah dimasa jayanya. Dengan merenovasi tempat pabrik yang sempat terbengkalai colo madu saat ini berubah menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Solo.

Mesin2 besar masih berada ditempat aslinya bahkan akar pohon beringin yang menembus tembok didalam pabrik tetap tidak berubah.Dengan menambahkan cafe di dalamnya dan beberapa stand pedagang souvenir, dan beberapa event musik, tidak ada salahnya kita kunjungi tempat tersebut.

Lokasinya yg dekat dengan bandara diharapkan pabrik gula Colo madu yang sudah bertransformer menjadi meseum De Colo Madu menjadu daya tarik wisatawan yang akan mengunjungi solo.

Wajah baru De Colo Madu yang sudah bertransformer menjadi museum

1. Meseum De Colo Madu dari depan

Penampilan dari depan yang tidak berubah sejak awal. Kalau kita lihat bangunan tetap seperti sebuah pabrik gula tebu yang sangat luas dan besar mencerminkan pabrik tebu jaman penjajahan Belanda.

2. Cerobong Asap

Semua Pabrik gula tebu di Indonesia pasti ada cerobong asapnya, saat beroperasi cerobong tersebut untuk mengeluarkan limbah asap yang langsung keluar ke udara bebas, dengan dibersihkan kini cerobong tersebut berfungsi menjadi tiang bendera.

3. Stasiun Penggilingan

Mesin penggilingan berupa besi-besi raksasa masih berada di letak aslinya, dengan sedikit renovasi bangunan bagian penggilingan tersebut cocok untuk berselfie.

4. Stasiun Penguapan

Sama dengan stasiun penggilingan, stasiun uap di museum de colo madu juga tidak mengalami perybahan posisi.

5. Tempat Cafe

Dengan sedikit sentuhan didalam ruangan meseum dengan menambahkan ruang cafe atau tempat makan dan istirahat, diharapkan pengunjung akan betah disini

6 Tempat Souvenir

Di akhir kunjungan anda akan disuguhi oleh-oleh khas Solo berupa batik Solo yang terkenal sebagai souvenir.

FASILITAS LAIN 

  • Tempat parkir yang luas
  • taman
  • pementasan outdor

Read more : https://wisatakeluargaku.com/kunjungi-jelajah-solo-dalam-14-obyek-wisata-terkini/

Tinggalkan Balasan