Garang Asem Khas Kudus, Kuliner Unggulan Yang Selalu Naik Pesawat Terbang

Garang asem merupakan  kuliner dari Jawa Tengah yang tidak asing bagi pencinta kuliner di Indonesia. Dengan dibungkus daun pisang potongan ayam kampung berisi kuah dengan aneka bumbu dapur membuat aroma yang khas berpadu dengan rasa pedas dan asam membuat siapapun yang menyantap garang asem akan ketagihan rasanya.

Kuliner tersebut saat ini terkenal sebagai makanan khas kota Kudus, dengan racikan bumbu dapur yang khas dan tambahan potongan tomat serta Blimbing wuluh, penyajian menggunakan daun pisang menjadikan garang asem ayam khas kudus diburu para penikmat kuliner, bahkan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjabat menjadi presiden Republik Indonesia pernah berkunjung ke Kudus untuk menikmati kuliner yang satu ini.

Maka tidak salah kalau kuliner khas Kudus tersebut, saat ini menjadi salah satu primadona kuliner, mulai dari pejabat pemerintahan, sampai warga biasa selalu menyempatkan diri ke Kudus untuk mencicipi lezatnya garang asem, apalagi untuk makan siang.

garang asem kudus dengan potongan daging ayam kampung dan irisan tomat dan cabe

Saking terkenalnya kuliner ini, para pejabat maupun pengusaha tidak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menyantap garang asem kudus walaupun mereka berada di luar jawa tengah.

Dengan dipaketkan menggunakan pesawat, garang asem Kudus sering kali dikirim ke jakarta ataupun kota-kota besar di Indonesia, tentunya pesanan dari seseorang dan harus disajikan sebelum 24 jam, karena kuliner tersebut tanpa bahan pengawet dan masakan berupa kuah.

“Saya sering ke bandara Semarang untuk memaketkan garang asem tersebut ke Jakarta, karena ada pertemuan pengusaha dan mereka menginginkan makan siang dengan menu garang asem Kudus, saya saja belum pernah naik pesawat, sedangkan garang asem sering naik pesawat,’ ujar salah seorang sopir perusahaan.

LOKASI GARANG ASEM

Bagai mana kawan, apabila anda melewati kota Kudus Jawa Tengah, jangan lupa nikmati kuliner yang membuat lidah kita ketagihan dan mak..nyus, datanglah ke Rumah makan garang asem Sari Rasa Kudus yang berada di jl AKPB R Agil Kusumadya Kudus ataupun Garang Asem Sari Rasa di Jl Kudus-pati tepatnya depan Polres Kudus yang baru.

BAHAN DAN BUMBU UNTUK MEMASAK 

  • Bahan pertama tentunya adalah bahan utama yaitu 750 gram – 1 kg daging ayam. Anda bisa menggunakan daging ayam kampung maupun daging ayam biasa. Disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Potong hingga menjadi 14-24 bagian.
  • Daun bawang 2 lembar.
  • Cabai hijau besar 5 batang.
  • Cabai merah 20-30 buah.
  • Belimbing wuluh 200 gram.
  • Daun salam 3 lembar.
  • Santan kental 1 liter, sebaiknya dari satu butir buah kelapa.
  • Bawang merah 10 buah.
  • Bawang putih 5 siung.
  • Lengkuas, jahe, kencur, kemiri, kunyit, serai dan ketumbar secukupnya saja, disesuaikan selera Anda.
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus.

CARA MEMASAK

  1. Langkah pertama adalah bersihkan dan cuci semua bahan.
  2. Setelah bersih, haluskan bahan seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kencur, ketumbar, kemiri.
  3. Potongan daging ayam tadi dimasukkan ke dalam wadah yang besar. Kemudian, campurkan garam dan bumbu yang telah dihaluskan tadi ke daging ayam. Kemudian remas-remas agar bumbu meresap ke dalam daging ayam. Namun, cara meremasnya jangan terlalu keras agar daging ayam tidak hancur.
  4. Kemudian, setelah dirasa bumbu sudah tercampur rata, siapkan wajan dan panaskan wajan.
  5. Setelah itu, masukkan semua bahan yang telah dicampur tadi ke dalam wajan.
  6. Kemudian, tambahkan daun bawang, serai, cabe rawit, potongan blimbing wuluh, lengkuas yang dimemarkan, cabe hijau, dan santan sedikit-sedikit.
  7. Aduk rata semua bahan, tunggu sampai bumbu meresap dan daging ayam sudah mulai empuk.
  8. Setelah daging empuk, matikan kompor.
  9. Siapkan potongan daun pisang yang telah bersih. Isikan daging ayam dengan sedikit kuah dan tambahkan daun kemangi di dalam daun pisang untuk mempertajam aromanya.
  10. Bungkus dengan rapi. Setelah itu, kukus sekitar 35-45 menit.

KULINER LAIN YANG ADA DI GARANG ASEM SARI RASA

– Jenang Kudus

https://wisatakeluargaku.com/gerbang-selamat-datang-kudus/

https://wisatakeluargaku.com/inilah-puluhan-varian-rasa-jenang-kudus-yang-banyak-dicari/

soto Kudus

Tinggalkan Balasan