Gempa Lombok, Ini Yang Terjadi Di Taman Nasional Gunung Rinjani

gunung rinjani

Gempa Lombok

Gempa Lombok pada minggu (29/7) dengan kekuatan 6,4 SR menyebabkan kerusakan dan belasan orang meninggal serta ratusan orang mengalami luka-luka menyebabkan kesedihan yang mendalam bagi warga di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya bangunan saja yang porak poranda akibat gempa tersebut, dilaporkan juga akibat bencana alam ini kawasan wisata Taman gunung Rinjani yang selalu dipadati para pendaki juga terkena dampaknya.

gempa lombok

Dampak Gempa Lombok Terhadap Gunung Rinjani

Wisatawan Jadi Korban

wisatawan Gunung Rinjani masih terjebak
Ratusan Wisatawan masih terjebak diatas

Akibat Gempa yang terjadi di Lombok dan Sumbawa, sekitar 226 pendaki masih berada di kawasan Gunung Rinjani dan menunggu evakuasi dari tim Sar dan BPBD serta aparat TNI dan Polisi . Seperti yang diinformasikan kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono, Pada Saat Gempa pukul 05.47 Wib, sekitar 826 wisatawan lokal maupun asing berada di kawasan Gunung Rinjani sedangkan 500 pendaki sudah berhasil turun dari kawasan gunung Rinjani dalam keadaan selamat.

Wisatawan asal Malaysia meninggal

Dilaporkan juga dari pihak berwajib ada satu orang warga negara Malaysia meninggal dunia dengan nama Siti Nur Lesmawida Ismail (30), Korban mendaki bersama 18 rekannya dari Malaysia yang tergabung dalam Anggota Relawan Majelis Belia Malaysia (MBM).

Kawasan Gunung Rinjani Rusak 

Akibat bencana, kawasan obyek wisata ini menjadi rusak, bahkan gardu pantau dan gapura tugu bertuliskan kawasan Taman  Nasional gunung Rinjani pintu senaru rusak parah, belum lagi kawasan atas gunung yang longsor dan sulit dilalui

Kawasan Gunung rinjani yang saat ini menjadi salah satu ikon wisata Indonesia melalui Billboard Asian Games 2018 saat ini belum bisa digunakan dan sangat berbahaya untuk dilalui. Bahkan pihak pemerintah indonesia berencana akan mengevakuasi ratusan wisatawan yang terjebak menggunakan Helikopter.

Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Ditutup

Karena masih berbahaya akibat longsor, obyek wisata ini sampai dengan saat ini sejumlah wisatawan yang terjebak banyak yang bertahan di danau, Sementara itu jalur Senalun dan jalur sembalun bisa di lalui.

Wisata yang ada di Gunung rinjani

Padang savana sembalun lawang

palawangan sembalun dan romantisme sunseat

segara anak

Gunung batu jari

Puncak rinjani

kegiatan yang dilakukan di rinjani

Naik gunung

mamancing

berkemah

berendam air belerang

trakking

menikmati sunseat

Baca Juga: https://wisatakeluargaku.com/labuhan-bajo-destinasi-wisata-arjen-ruben-yuk-kita-intip/

Tinggalkan Balasan