Goa Terawang Menikmati Surga Tersembunyi Di Blora

goa terawang

Goa Terawang

Goa terawang banyak orang belum mengenal destinasi wisata yang satu ini di kabupaten Blora, berada di wilayang paling barat di Kecamatan Blora, goa ini menyimpan keindahan alam dan keinikan tersendiri dari goa-goa lain yang ada di Indonesia. Dengan sinar matahari yang masuk ke area goa  tempat ini bagaikan surga di dalah hutan jati yang tersembunyi. Lokasi  yang berada di pegunungan kapur tersebut diperkirakan berusia sekitar sepuluh juta tahun berada di ketinggian 172 mdpl dengan suhu 21 sampai 30 derajat celcius. Tempat ini mempunyai 5 kompartemen atau ruangan yang terpisahkan oleh dinding dan stalagtit dengan tiap ruangan dinamai terawang 1 sampai dengan terawang 5 dengan tiap-tiap terawang mempunyai pemandangan dan keunikan masing-masing.

Terawang 1

Masuk Ke goa terawang 1 yang dekat dengan pintu masuk kita akan disuguhi berbagai tulisan dan spot-spot foto yang menarik yang sengaja dibuat  oleh warga supaya menambah keindahan damal goa, terawang 1 ini tidak mempunyai atap sehingga kita bagaikan di alam terbuka.

Terawang 2

Tempat ini mempunyai keunikan lain dengan terawang 1, disini terdapat taman yang asri dan sinar matahari juga masuk ke dalam karena tidak mempunyai atap. disini kita bisa melihat kera-kera hutan yang kadang-kadang main ketaman atau sekedar mencari makan ke taman yang ada di terawang 2.

Terawang 3

Terawang 3 merupakan ruangan goa yang gelap karena atapnya tertutup oleh dinding gua, stalaitit dan stalagnit yang indah merupakan keindahan tersendiri di ruangan ini

Terawang 4

Bersebelahan dengan terawang 3, di terawang 4 juga ruangan yang yang gelap karena tertutup oleh stalagtit, lokasi ini sangat bersih dan tidak bau, mungkin dikarenakan tidak ada kekelawar yang biasa hidup di dalam goa. larangan untuk corat-coret juga dianjurkan di lokasi ini

Terawang 5

Lokasi terawang 5 merupakan tempat paling belakang akan tetapi mempunyai dinding atap yang terbuka sehingga sinar matahari bisa langsung masuk di tempat ini. di lokasi ini berbagai pohon tumbuh diatap dan pinggir dinding sehingga kera-kera yang hidup sekitar goa bergelantungan dari pohon-ke pohon.

Wasilitas lain

Berbagai fasilitas untuk mendukung dan mempopulerkan goa terawang ini terus dilakukan antara lain

  • Mainan anak-anak

Berbagai mainan anak -anak antara lain:

-perosotan

-ayunan

-jompat-jompit dll

  • Fasilitas penunjang

Berbagai fasilitas penunjang dihadirkan oleh pemerintah daerah untuk para pengunjung antara lain

  1. jalan menuju lokasi maupun masuk ke area goa sangat mudah
  2. adanya tempat belanja baik oleh-oleh dan tempat makan tersedia
  3. area parkir
  4. kamar mandi
  5. tempat sholat
  6. Panggung untuk pementasan dll

Lokasi  Goa Terawang

Lokasi

Tempat wisata ini berlokasi di Kedungwung, Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Jawa Tengah

Baca Juga: https://wisatakeluargaku.com/minggon-jatinan-jajanan-kampung-di-hutan-jati/

Tinggalkan Balasan