Gua Baru Di Tuban Akan Dijadikan Destinasi Wisata

gua baru

GUA BARU DI TUBAN

Gua baru yang ditemukan di Kabupaten Tuban Jawa Timur awal Agustus 2018 akan dijadikan destinasi Wisata baru, menurut Kabid Disparta Tuban Suwanto pemerintah Kabupaten Tuban akan mensuport apabila dengan penemuan gua baru di lahan penambangan milik warga ini nantinya menjadi obyek wisata dan dikembangkan menjadi desa wisata.

Kronologi Penemuan Gua baru

Penemuan gua pertama kali ditemukan oleh Totok Sugiyanyo (anak pemilik lahan) pada hari Kamis tanggal 02 Agustus 2018 sekitarpkl 16.00 wib. Saat itu Totok bersams seorang rekan kerjanya sedang memotong batu kumbung di lokasi miliknya, tiba-tiba dasar lantai batu kumbung mengeluarkan hembusan angin yangg kencang dan setelah dilihat ternyata terdapat lubang dgn kedalamam 8 meter. Kemudian Totok turun kebawah dengan memakai tangga bambu untuk melihat gua yamg baru ditemukannya,  setelah sampai bawah dan dilihatnya ada ruangan yang sangat luas. Dalam perjalanan menelusuri rorong guwa kurang lebih 200 meter tiba tiba Totok Sugianto tdk bisa bernafas dan akhirnya kembali ke atas.

Di lokasi di temukan

  • Tulisan Arab di dinding Gua patung (berbentuk tangan).
  • Ukiran disisi dinding
  • Stalagmit dan stalagtit

Lokasi

Penemuan gua baru ini berlokasi di area penambangan batu kumbung atau kapur milik warga bernama Totok Sugiyanto bin Sayu di Dusun Krajan Desa Jadi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Langkah- Langkah Selanjutnya

Langkah -langkah yang diambil pemerintah dengan penemuan tersebut antara lain:

  • Polisi telah memasang garis Polisi karena masih dianggap berbahaya
  • kelompok pemerhati dan peneliti gua, Asosiasi Wisata Gua Indonesia serta mahasiswa pecinta alam Tuban sedang meneliti misteri gua tersebut.
  • Penambangan sekitarnya ditutup sementara

Sementara kedalaman gua dari permukaan tanah tambang jika dilihat secara rata maka mencapai 32 meter. Ketinggian atap gua sampai lantai dasar gua mencapai 11 meter dan terendah 0,5 meter. Ada pula yang ketinggiannya 2 meter.

Saat ini dengan ditemukan gua ini penambangan sementara ditutup untuk memperlancar jalannya penelitian penemuan anyar ini.

BACA JUGA: https://wisatakeluargaku.com/bukit-jamur-gresik-destinasi-wisata-baru-yang-kekinian/

https://wisatakeluargaku.com/bandara-new-yogyakarta-dengan-destinasi-wisata-terbaru/

Tinggalkan Balasan