Kampung Pelangi Semarang, Inovasi Dan Perawatan Yang Maksimal Menjadikan Destinasi Wisata Unggulan

Kampung pelangi Semarang sudah satu tahun ini bisa dinikmati oleh wisatawan, kawasan wisata yang berada di kampung Wonosari, Kelurahan Randusari Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang Jawa Tengah tersebut dulunya memang kawasan yang agak kumuh. Awalnya tempat destinasi yang saat ini baru ngehit di Kota Semarang tersebut merupakan perkampungan kumuh di Gunung Brintik. Saat itu Pemerintah Kota Semarang sedang merombak besar-besaran pasar bunga Kalisari yang terletak dibawang perkampungan tersebut.

Setelah pemugaran pasar bunga rampung dan menjadi bagus serta tertata rapi, justru pemandangan yang berbeda 180 derajat nampak jelas dikawasan tersebut, akhirnya oleh Slamet widodo dan warga lain melalui bantuan dari pemerintah Kota Semarang, kelurahan Randusari di Gunung Brintik ditata dan diubah dengan mengecat tembok-tembok rumah warga hingga menjadi sebuah destinasi wisata bernama Kampung Pelangi Semarang.

Menurut Slamet Widodo sekitar 400 rumah dicat berwarna-warni, tembok warga dicat bergambar 3 dimensi serta jalan dan jembatan di kawasan tersebut juga tidak luput kami cat. Siapa sangka setelah dibuka sebagai tujuan wisata, melalui media sosial dan pemberitaan di sejumlah media televisi dan koran, kampung pelangi Semarang melejit menjadi tempat destinasi wisata yang begitu populer di Indonesia bahkan mancanegara.

Namun Setelah satu tahun kampung pelangi Semarang didirikan, ada kekhawatiran sejumlah pihak mengenai perawatan serta inovasi agar kampung pelangi Semarang selalu menjadi salah satu tempat tujuan wisata sehingga selalu ramai dikunjungi.

“Saat ini ada beberapa cat yang warnanya mulai pudar sehingga perlu pengecatan ulang agar selalu tampak cerah,” ujar Slamet

Lanjutnya, tidak mungkin perawatan ini selalu mengandalkan bantuan dari Pemerintah Kota Semarang. Kelompok sadar wisata kelurahan randusari, Saya harap selalu open dan ikut menjaga lingkungannya agar selalu terjaga kebersihan dan warna cat selalu awet.

Saat ini untuk menambah pendapatan selain melalui tiket masuk, kita juga menembahkan beberapa fasilitas di kampung pelangi tersebut dengan membuat gardu pandang dan area kuliner . Kedua tempat tersebut kita tempatkan di lantai dua bangunan pasar bunga dan kita beri nama Taman Kasmaran.

“Kedepan Kita akan menambahkan wahana baru dengan memanfaatkan sungai yang mengalir di kawasan kampung pelangi dengan menjadikan tempat pemancingan”, terangnya

Dengan menjadikan tempat pemancingan,kita akan bekerja sama dengan dinas Pertanian masalah bibit ikannya, Sehingga kampung Pelangi Semarang selain terkenal warna-warni cat rumah warga juga menjadi tempat pemancingan dengan berbagai fasilitas tempat spot, gardu pandang dan tentunya tempat kuliner,’ tutupnya

DAYA TARIK KAMPUNG PELANGI  

  • Lukisan DI Tembok

  • Tempat selfie

PENAMBAHAN FASILITAS

  • tempat pemancingan
  • tempat kuliner
  • pasar bunga
  • gardu pandang

RUTE DAN LOKET

rute

Dari Bandara Ahmad yani- kekota- tugu muda- belok kanan jurusan jogjakarta-500 meter kiri jalan lokasi kampung pelango

loket

Untuk masuk anda cukup membayar Rp 3000 bisa berfoto sepuasnya, biaya tersebut diluar beli kuliner dan parkir

FASILITAS LAIN

  • Tempar parkir
  • mushola
  • toilet

OBYEK WISATA SEKITAR TAMAN PELANGI

Lawang sewu

tugu muda

kuil sam poo kong

read more :https://wisatakeluargaku.com/klenteng-sam-poo-kong-destinasi-wisata-di-semarang-bernuansa-tiongkok/

https://wisatakeluargaku.com/lantunan-lagu-keroncong-temani-kita-kunjungi-lawang-sewu/

Tinggalkan Balasan