Nikmatnya Kebersamaan Lebaran Dengan Sajian Lontong Tuyuhan Makanan Khas Rembang

Wisatakeluargaku.com-Lontong Tuyuhan merupakan makanan khas Kota Rembang, disebut lontong tuyuhan karena pembuat dan penjualnya berasal dari Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kalau Kamu ingin menikmati lontong tuyuhan langsung datang saja ke pusatnya jalan desa antara Lasem-Pandan, disitu kamu akan menemukan deretan warung penjual lontong tuyuhan. Disana Kamu akan menikmati nikmatnya lontong tuyuhan sambil menikmati pemandangan hamparan sawah dan perbukitan karena lokasinya memang jauh dari pemukiman warga.

Apabila Kamu bukan warga Rembang dan susah menemukan desa Tuyuhan, datang saja ke Alun-alun Kota Rembang, depan masjid Agung Rembang Kamu akan menemukan penjual lontong tuyuhan yang buka sore sampai malam hari.

Penjual lontong tuyuhan memang mempunyai ciri khas sendiri, dengan menggunakan angkring yang dipikul terbuat dari  bambu dan penjalin dilengkapi dengan penerangan tradisional berupa teplok dan bercerobong batang pisang membuat pedagang warung lontong tuyuhan mempunyai ciri khas tersendiri.

Diatas piring, makanan khas Rembang ini terdiri dari irisan lontong dengan kuah opor yang membanjiri piring dengan rasa yang pedas sesuai dengan selera khas masakan warga pantura yang selalu pedas.

RESEP LONTONG TUYUHAN Bahan-bahan:

3 buah cabai merah keriting iris tipis

  1. 2 batang serai, memarkan
  2. 1 sdm garam
  3. 1 lembar daun salam
  4. 600 mL santan encer
  5. 700 mL santan kental
  6. 2 sdm minyak gorang untuk menumis
  7. 5 buah lontong panjang
  8. 1/2 ekor ayam kampung (potong jadi 4 bagian)
  9. 5 buah ampela ayam
  10. 5 buah hati ayam
  11. Bumbu halus:
  12. 7 buah cabai merah keriting
  13. 2 cm laos/lengkuas
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 5 butir kemiri sangrai
  16. 1/2 sdt pala
  17. 1/4 sdt jintan
  18. 2 cm jahe
  19. 9 siung bawang merah
  20. 5 siung bawang putih

Bumbu halus :

  • 7 buah cabai merah
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • ½ sendok teh pala
  • ¼ sendok teh jinten
  • 2 cm kencur
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 9 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Cara memasak lontong tuyuhan

Untuk memasak lontong tuyuhan anda mengikutinya dengan benar tentu semua citarasa akan anda dapatkan sama seperti yang asli ada di Tuyuhan Rembang.

  1. Pertama silahkan tumis cabai merah sampai layu, kemudian tambahkan bumbu halus, daun salam, dan serai, masak sampai harum.
  2. Lalu, masukkan ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong bagian-bagiannya, hati dan ampela, masak sampai berubah warna.
  3. Selanjutnya, tambahkanlah santan cair (encer), dan garam, masak sampai matang.
  4. Kemudian, Masukkan juga santan kental, masak sambil diaduk hingga mendidih.
  5. Jika air sudah mendidih benar seperti pada nomor 4. Angkat dan sajikan bersama lontong dan ayam beserta kuahnya.

SEJARAH LONTONG TUYUHAN

Dari cerita turun temurun lontong tuyuhan masih ada ceritanya dengan Sunan Bonang yang waktu itu menyebarkan agama Islam di wilayah Bonang Lasem, tempat angkringan dan penerangan dari teplok terbalut daun pisang merupakan sejarah yang masih dipertahankan para pedagang lontong tuyuhan tersebut, sedangkan lontongnya berbentuk segitiga runcing mengandung arti ada segitiga cinta yaitu cinta kepada tuhan, cinta kepada alam dan cinta kepada sesama mahluk hidup. Dari lontongnya saja sudah menggambarkan kearifan lokal yang diwariskan para pendahulu kita melalui makanan khas Rembang tersebut.

wisata gunung prau di wonosobo

wonosobo

Tinggalkan Balasan