Pantai Lariti Bima, Fenomena Bak Film Nabi Musa Yang Kini Mulai Mendunia

Pantai Lariti..? ya, Pantai yang berada di wilayah di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape Kabupaten Bima NTB, saat ini menjadi perbincangan di dunia maya. bagaimana tidak..!! pantai yang bersih dibalut dengan pasir putih nan indah tersebut bagaikan surga dunia tersebut saat menjadi daya tarik ribuan wisata baik lokal maupun mancanegara.

Apabila kita menyusuri pantai tersebut pada saat air surut kita akan melihat sesuatu yang menakjubkan dipantai tersebut, yaa, pandangan kita pasti akan tertuju pada fenomena pasir membelah laut sehingga membentuk jalan dari pantai ke pulau sehingga kita bisa menuju pulau yang berada diseberang pantai cukup dengan berjalan kaki, layaknya kita melihat cerita Nabi Musa membelah lautan saat dikejar Raja Firaun dan bala tentaranya.

Pantai Lariti saat air surut sehingga kelihatan daratan dan wisatawan bisa ke pulau dengan berjalan kaki

Sungguh Amazing, fenomena ini satu-satunya di Indonesia dan hanya 3 tempat didunia maka tidak salah apabila pantai Lariti menjadi  Destinasi wisata unggulan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.Menurut warga sekitar, fenomena laut terbelah menjadi sebuah jalan di pantai lariti sebetulnya sudah dari dulu, cuma baru terkenal karena adanya media sosial, berkat medsos wisatawan yang datang selalu mengabadikan keindahan pantai dan fenomenanya sehingga menjadi penasaran  masyarakat yang melihat baik di facebook, Tweeter,Instagram dan lain-lain.

RUTE

  • Dengan mulai terkenalnya pantai Lariti, oleh warga sekitar dengan kesadarannya mulai mengelola dan membersihkan bibir pantai, hasilnya mulai tahun 2015 pantai tersebut dibuka untuk umum dan menjadi obyek wisata yang mulai mendunia. Pantai ini bisa kita tempuh satu jam perjalanan dengan menderai mobil dari pusat Kota Bima. Untuk mencapai pulau dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang terbelah, pengunjung sebaiknya datang sore hari sekitar pukul 16.00 WITA hingga pukul 18.00 disaat air laut surut sehingga jalan kelihatan dan bisa dilalui.
  • Bagi wisatawan asing yang datang ke Bima melalui Bandar Udara M. Salahuddin Bima, membutuhkan kurang lebih dua jam perjalanan. Arahnya yaitu masuk ke Kota Bima dan melanju ke timur ujung Pulau Sumbawa menuju arah Pelabuhan di Kecamatan Sape. Sebelum lurus ke Pelabuhan, tepatnya di perempatan, maka lanjutkan perjalanan dengan belok kanan dan masuk ke Kecamatan Lambu.

FENOMENA MENURUT AHLI

Menurut pakar, fenomena jalan membelah laut di Pantai Lariti, sebetulnya pulau dekat pantai dahulunya sebuah daratan, karena semakin lama air laut naik, maka daratan tersebut tergenang air laut, pada saat air surut maka dataran yang agak sedikit tinggi akan menjadi sebuah daratan yang bisa dilalui dan apabila air lait pasang maka seluruh daratan di sekitar pulau akan tertutup air laut dengan tinggi rendah kedalaman tidak bida ditentukan tergantuk faktor alam.

FASILITAS UMUM YANG TERSEDIA

  • lahan parkir
  • pedagang
  • shelter (beruga)

KENDALA YANG DIHADAPI

  • Fasilitas

Belum adanya 1. mushola

2. toilet

3. air bersih

4. listrik

5. jalan beraspal cuma 2 km

READ MORE https://wisatakeluargaku.com/10-tempat-wisata-banyuwangi-yang-terkenal-dan-wajib-kamu-datangi-2018/

Tinggalkan Balasan