Sate Kerbau Makanan Khas Kudus, Resep Dan Lokasi

Sate Kerbau Makanan Khas Kudus

Sate kerbau merupakan makanan Khas Kudus, memang Kuliner yang Unik dan Lezat ini disantap pagi makanan yang hanya bisa dijumpai di Kudus tersebut memang bukan saja kuliner yang nikmat , makanan ini juga menjadi simbol toleransi umat beragama. Ada cerita yang mengawali kenapa di Kudus banyak dijual sate Kerbau.

Sejarah 

Pada waktu dulu  saat mayoritas masyarakat kudus memeluk agama hindu, hewan Sapi merupakan binatang yang dikeramatkan bagi agama tersebut, Pada saat Sunan Kudus menyebarkan agama Islam di Kudus, Sunan Kudus melarang pengikutnya mengonsumsi daging sapi yang dianggap suci oleh umat Hindu, bahkan pada waktu Idul Qurban, saat itu Sunan Kudus menganjurkan penyembelihan hewan Sapi diganti dengan Kerbau dan saat itu olahan dari daging kerbau mulai memasyarakat, termasuk salah satunya sate Kerbau ini.

Resep Membuatnya

Sate yang satu ini  mempunyai cita rasanya tak kalah dengan sate kambing atau sate ayam dan sate-sate dari daging lainnya, untuk mengolah daging kebo menjadi sate yang lezat, diperlukan proses yang cukup panjang. Awalnya, pilih daging kebo yang lunak. Kemudian, sayat untuk memisahkan daging dan urat. Tahap selanjutnya, daging diiris dan digecek (ditumbuk, red).Seteleh digecek, diiris lagi menjadi bagian lebih kecil, Kemudian daging direndam dalam bumbu baceman selama kurang lebih dua jam. Tujuannya, bumbu benar-benar meresap. Setelah itu, baru ditusuk di tusukan sate kebo siap dibakar sesuai pesanan.

Karena sudah dibumbui terlebih dahulu, rasa manis rempah-rempahnya lebih terasa, terlebih lagi ditambah dengan saus kacang seperti sate ayam. Saus ini dibuat dari kacang tanah, serundeng, bawang merah, bawang putih dan kentang yang dihaluskan. Untuk pecinta kuliner yang menyukai pedas sausnya bisa ditambah dengan cabe.

Lokasi

Banyak kita jumpai penjual kuliner ini  di Kudus di area Pasar Kliwon, sate kerbau Min Jastro komplek Ruko Agus Salim, sate Kerbau dijalan tanjung, komplek kuliner taman bujana dll, tapi yang paling terkenal dan banyak diburu oleh pecinta kuliner adalah sate kerbau Min Jastro yang berada dikomplek ruko Agus Salim.

sate kerbau

Sate Kerbau Min Jastro Paling Dicari Penikmat Kuliner

Warung sate kebo Min Jastro buka sejak 1950. Awalnya, Min Jastro keliling kota sembari memikul dagangannya untuk menjajakan sate kerbau . Pada tahun 1980 Min Jastro membuka lapak di depan garasi bus PO Nusantara tepatnya di  komplek Ruko Agus Salim

Dengan rasa yang khas dengan bumbu kacang dan rasa manis, sate min Jastro menyajikan penikmat sate dengan membakar daging kerbau langsung, apabila ada yang membeli sehingga daging akan lebih nikmat karena baru selesai dibakar serta tambahan cabe yang menginginkan rasa pedas.

Baca Juga :https://wisatakeluargaku.com/13-kuliner-khas-kudus-yang-bisa-kamu-temukan-saat-mengunjungi-kota-kudus/

Tinggalkan Balasan