Tradisi Dhandhangan, Destinasi Wisata Jelang Puasa Yang Tak Tergerus Oleh Jaman

Destinasi wisata yang satu ini tidak lepas dari budaya tahunan di kabupaten Kudus. membahas festival sebelum bulan puasa di Kota Kudus Jawa Tengah, tentunya kata yang terucap pasti mengatakan dandangan. Acara tahunan tersebut untuk menandai dimulainya ibadah Puasa di Bulan Ramandhan, menurut tradisi nama dandangan berasal dari suara bedug dari masjid yang ditabuh atau dipukul untuk dimulainya awal puasa.

Sejarah Dandangan

Awal mulanya, nama dandangan diambil dari pukulan suara bedug yang ditabuh para santri saat akan dimulai bulan puasa, dandangan bertujuan untuk berkumpulnya santri Sunan Kudus menunggu pengumuman dari Sunan Kudus dalam penentuan awal puasa. Karena banyaknya santri dan warga Kudus yang memeluk Islam pada waktu itu, hal tersebut dimanfaatkan pedagang untuk berjualan di depan masjid menara dan oleh masyarakat dikenal dengan pasar malam.

SEBAGAI OBYEK WISATA TAHUNAN

karnaval Dandangan

Sebelum puasa dilaksanakan pihak menara Kudus dan Muspida biasanya akan mengadakan vestifal budaya yang berupa tarian dan arak-arakan budaya. vestifal ini menceritakan bagaimana para santri menunggu Sunan Kudus Dimasjid untuk menunggu pengumuman dimulainya puasa. Ribuan masyarakat dari Kudus, Jepara bahkan dari Pati akan memadati pasar malam yang digelar satu tahun sekali tersebut. Berbagai dagangan modern sampai tradisional, mainan anak-anak, peralatan dapur, acesoris rumah, makanan bahkan binatang peliaraan dapat dijumpai dipasar malam tersebut.

Hiburan Rakyat

Berbagai wahana mainan seperti komedi putar dan tong setan, mobak banyu dan lain-lain merupakan hiburan rakyat yang jarang kita jumpai setiap harinya

Meningkatkan Pendapatan Para Pedagang

Acara tahunan yang selalu didatangi ribuan warga tersebut jelas akan menambah penghasilan para pedagang yang menjajakan dagangannya di lokasi Dandangan ini

DAGANYAN YANG DI PERJUAl BELIKAN-

  • Mainan anak-anak

-Boneka

-pistol pistolan

-kapal-kapalan

  • hewan peliharaan

-Kelinci

-ikan hias

-kura-kura,dll

  • kuliner

-Sosis

-es

-arum manis

-bakso,dll

  • pakaian dan sepatu
  • perabotan rumah tangga

keramik

pot bunga

peralatan dapur,dll

  • souvenir,dan lain-lain

Jadi bagi kamu yang ada dikudus saat menjalang bulan puasa jangan lupa datangi Destinasi wisata yang satu ini.

Baca Juga: https://wisatakeluargaku.com/7-wisata-malam-di-kudus-yang-wajib-didatangi-2018/

Tinggalkan Balasan